membahas tentang permasalahan mobil dari yg termudah sampai yg tersulit sesuai pengalaman pribadi saya dan DIY(do it yourself)yg saya kerjakan
menerima pemesanan/pembelian sparepart suzuki SGP , sparepart aftermarket suzuki/part KW terutama utk suzuki Aerio & Baleno Next-G
dapat menghubungi : 0741 7084410
dapat menghubungi : 0741 7084410
Minggu, 05 Agustus 2012
DIY: buka balljoint dan ARM kanan
arm atau sering disebut lengan ayun... salah satu komponen kaki2 kendaraan yg mesti dijaga.. di ujung arm ada balljoint, utk bbrp jenis mobil balljoint di buat terpisah jadi bila balljoint oblak bisa diganti .. tapi utkl aerio dan baleno next-g harus diganti 1set arm tentunya harganya pun mahal .
utk ngecek balljoint bisa dgn memegang roda(keadaan didongkrak) posisi jam 6 dan jam 12.. bisa teraga goyangan bisa di cek balljoint nya..
balljoint lepas bisa beresiko pada kemudi, walau tidak seberbahaya tierod,
-langkah2 nya:
buka baut di ujung ini.. didalem nya terdapat karet dengan boss besi di tengahnya karet ini bila aus menimbulkan bunyi2an.
-ini juga karet arm yg bisa menimbulkan bunyi... utk pergantian nya mesti di panaskan supaya bisa mengeluarkan karetnya karena sebenarnya karet nya bila rusak mesti diganti 1arm, tp kalo mau murah ya bisa cari karet2 di toko2 onderdil yg serupa
-lepas baut penahan balljoint dan ketok perlahan sampe lepas
-ini kondisi arm aerio/baleno next-g yg facelift,
-karena karet nya balljoint pecah, saya lakukan pembersihan lalu di press balljoint nya dan di grease ulang ..
press bole dikalukan kalo oblaknya tidak parah sampe nimbulkan bunyi.. di press dengan tujuan merapatkan celah2 balljoint supaya lebih presisi
-setelah di grease lalu dipasang karet balljoint nya dan di klem balik, lalu saya lapis dengan sealer mesin, tujuannya melindungi isi dalam dari air dan kotoran/pasir,, lebih bagus nya bila ada karet yg sama jadi gak perlu sealer, karena kalo diliat kurang bagus ... :D
- ini karet2 body yg bisa di akalin utk arm ini, ada karet link stabil, karet body yg jelas pilih bahan yg agak lentur
-ini setelah dipasang utk menutup karet yg rusak, boss tengah nya tetap , pas pemasangan jgn lupa di kasi grease tipis di permukaan batang baut. karena bila tidak boss dalem ini bisa aus..
-lakukan pemasangan arm kembali ,, cek semua baut2 kembali
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar