menerima pemesanan/pembelian sparepart suzuki SGP , sparepart aftermarket suzuki/part KW terutama utk suzuki Aerio & Baleno Next-G
dapat menghubungi : 0741 7084410



Selasa, 12 Oktober 2010

DIY : as roda kanan + as intermediate (di cek)

as roda kanan depan yg sering terjadi masalah.. apabila terjadi kerusakan pada gigi as intermediate atau pada cv joint luar... mobil bisa gak berjalan total.
terjadi kerusakan biasanya di sebabkan perawatan yg kurang, pengendara yg kasar, bisa juga karena faktor pemakaian jangka panjang..
karet boot as roda juga mesti di cek.. apabila telah rusak ,sobek,mesti cepat di ganti sebelum grease di dalem karet boot tercampur debu,pasir,kotoran yg ujung2 nya merusak as roda, habis melewati banjir juga mesti segera di cek as roda.. apabila grease kemasukan air lama2 grease akan keras dan efek pelumasan berkurang akibatnya joint2 nya rusak, hal ini sering di sebut as roda rusak

ciri2 as roda luar depan rusak :

bila yg rusak as kanan luar.. setiap belok kiri selalu bunyi tek tek tek... kalo uda parah... begitu sebaliknya bila as roda kiri luar yg kena maka akan berbunyi tek tek tek saat belok ke kanan..
langsung saja di bahas dari as roda kanan depan




- pertama lepaskan 2 baut knukle dan baut as roda tengah ukuran 30"













- lalu lepas kan 1 batang as roda dgn menge tok pelan2 body as roda dalem(yg warna hijau)
sampe terlepas seperti ini


setelah itu berlanjut pelepasan as intermediate / as sambungan antara gearbox dan as roda dalem kanan


- buka baut penahan nya 3 baut yg nempel ke mesin

- setelah lepas tinggal cabut keluar as intermediate ini :D


- tampak gigi suri as intermediate yg di transmisi berlumuran oli transmisi dan tanpak bagus :D
- itu posisi seal as roda(yg lingkar hitam) kalo gak bagus bisa bocor di posisi ini





- ini baut as roda yg uda rusak... di ganti... karena uda gak bisa di ketok bibir nya buat kunci

-utk lepas cangkang bearing .. mesti lepas cincin spi penahan
- setalah lepas ini tampak bearing intermediate(no1) , seal o-ring (no2), cincin spi (no3) cincin ini kalo gak bagus gak kuat menahan as roda dalem jadi bisa terlepas.. kalo uda gak bagus sebaiknya diganti





- itu karet buatan utk mencegah debu atau kotoran masuk.. walaupun uda ada seal oring :D
krn di gigi tersebut di kasi grease tipis... dgn ada karet ini mudah2an grease tdk tercampur kotoran ..
- posisi saat pengerjaan


-ini daleman as roda dalem/ inner joint SGP
di bersihkan dgn bensin murni trus di grease ulang... lakukan ganti grease secara berkala bila di jamin as bakal awet :D
"lbh baik mencegah drpd mengobati "

4 komentar:

  1. tQ ya..
    gara2 kamu tugas Elemen mesin aku tentang As Roda selesaiii..
    :D
    terima kasih...

    BalasHapus
  2. Mobil baleno manual th 2000 saya bunyi klek klek saat belok kanan agak nanjak,sudah di ganti cv joint luar roda sebelah kiri,tapi masih tetap bunyi klek klek saat belok nanjak kanan,kira kira apa ya penyebabnya,terima kasih.

    BalasHapus
  3. Maaf Mau nanyak trntang Mobil saya Honda accord vtil thn 2001.kenapa setir kemudi Bergetar Setelah kecepatan di atas 50km.dan ketika di injak kopling hilang getaranya Dan jika di lepas bergetar Lagi. Dan Trimakasih untuk tanggapanya

    BalasHapus
  4. mau tanya panjang detail as roda honda accord tahun 2010 berapa ya sebelum dipasang cv joint luar

    BalasHapus