menerima pemesanan/pembelian sparepart suzuki SGP , sparepart aftermarket suzuki/part KW terutama utk suzuki Aerio & Baleno Next-G
dapat menghubungi : 0741 7084410



Minggu, 21 November 2010

overhaul cylinder head toyota 12R part3

lanjutan dari bongkar mesin setengah 12R part2   klik disini >>>











-bersih2 kepala piston , lubang saluran oli dan lubang saluran air radiator lalu pasang blok mesin atas kencangkan 10 baut secara merata agar packing nya ter press
packing silinder ini tidak perlu di sealer.. cukup di kunci kencang saja.. krn sudah ada semacam lapisan lem nya di packing nya ...



-bersihkan karburator.. bongkar bila perlu .. ini cuma di semprot2 sama pake carb jet sampe bersih..



- ini baut header diganti krn uda rusak.. cara nya dgn pake 2 mur lalu puter mur yg bawah utk memnbuka ...
utk memasang baut baru.. masukan 2 mur juga tai kencangkan dgn memutar mur atas.. setelah kencang mur dan header baru lepas kan kedua mur



 -pasang kembali header.. beri sealer pada kedua permukaan packing nya lalu kunci kenvang.. dilanjut dgn pemasangan karburator nya cm 4 baut   :D





-lalu siram dengan oli camshaft nya.. biar semua terkena oli... sampe ukuran di dipstick uda nunjukkan volume oli cukup.. (biarkan dulu jgn tutup head covernya)








-pasang karter oli bawah dgn di beri sealer + packing yg baru trus kunci baut nya sebanyak 20 biji :D



-lalu lakukan penyetelan klep di ke empat silinder

dimulai dari silinder 1... dgn terlebih dahulu memposisi nya top silinder 1 dgn cara memutar pulley(searah jarum jam) sampe menunjuk garis pertama... pada posisi ini perhatikan juga melalui lubang busi..kalo piston naik sampe paling atas.. atau perhatikan arah rotor platina/distributor ke arah busi no 1








lalu yg bisa di setel pada saat posisi top silinder 1
kendorkan baut penekan klep.. lalu setel pada celah  sesuai standar pabrikan dgn fuller gauge.. lalu kunci kencang baut nya dgn tetap menahan dgn obeng minus(biar setelannya gak lari)

 pada saat top silinder 1 yg dapet di setel adalah
-klep in dan klep ex silinder 1
-klep in silinder 2
-klep ex silinder 3
-klep silinder 4 tdk boleh di setel krn posisi camshaft nya masih  menekan salah satu klep

lalu putar pulley 1 lingkaran(searah jarum jam) sampe menunjuk garis ke 4 berarti top silinder 4... perhatikan silinder 4 naik mentok.. dan arah rotor distributor/platina mengarah ke busi no 4..

saat top silinder 4 dapat disetel:
-klep in dan klep ex silinder 4
-klep in silinder 3
-klep ex silinder 2
-klep silinder 1 tdk boleh di setel krn posisi camshaft nya masih  menekan salah satu klep

utk mengetahui silinder 1 selalu dimulai dari arah pulley hitung nya :D

utk mengetahui klep IN dgn cara melihat sejajar arah intake manifold (dari arah karburator ke mesin )
utk mengetahui klep EX dgn melihat sejajar arah manifold yg keluar ke header/ jos

ukuran klep in dan ex .. utk hiace gw setel IN pada 0,2mm dan EX pada 0,3mm
umumnya celah renggang klep EX lebih dari klep IN

semakin rapat celah klep bunyi mesin semakin halus.. cm tenaga berkurang
semakin renggang celah klep bunyi mesin berisik tp tenaga kuat
jadi disarankan ambil posisi yg tepat sesuai standar nya :D

penyetelan sebaiknya dilakukan saat mesin sudah mencapai suhu kerja











3 komentar:

  1. Wahhh..nemu juga akhirnya.... Saya lagi mulai siap2 "menghidupkan" toyta hiace 1975, tang msinnya sama 12R.
    Share ilmunya dong bro....

    BalasHapus
  2. Bro klo ukuran oli mesin, oli persneling sama oli gardan takarannya brpa liter???

    BalasHapus
  3. Bang ,cara copot per klepnya Giman ya, soal kuku2 penguci sudah lepas, tapi gak mau lepas per nya, ada semacam karet di atas kuku kelep

    BalasHapus